Minggu, 13 Maret 2011

Case Study : Bahasa Inggris


            Di malam selasa , sesudah sholat isya , saya biasa menyiapkan bahan ajar dan materi pembelajaran untuk disampaikan dan diajarkan besok pagi kepada murid-murid kelas VIII F dan VIII G, kebetulan saya mengajar hari itu di kelas tersebut dan juga saya hanya mengajar kelas VIII Cuma 2 kelas. Yang akan saya ajarkan besok tentang “ WRITING ” dan materi yang akan dibahas yaitu tentang “ RECOUNT TEXT ”.  Dalam hati, saya selalu berharap dan juga optimis bahwa apa yang akan saya ajarkan akan selalu mendapat respon yang baik dari siswa-siswi saya.
            Di pagi yang cerah tepatnya hari Rabu pagi, saya bangun pagi-pagi karena saya tahu bahwa hari ini merupakan jadwal mengajar saya. Saya langsung pergi ke kamar mandi dan mengambil air wudlu untuk melaksanakan sholat shubuh. Kemudian pada jam 06.30 saya berangkat ke sekolah, kebetulan jarak rumah dengan sekolah tidak jauh. Setibanya di sekolah  saya ketemu dengan rekan-rekan guru, lalu saya langsung menyimpan tas di meja kerja di kantor. Sambil menunggu bel berbunyi sebagai tanda masuk, saya menyiapkan segala administrasi mengajar untuk di bawa ke dalam kelas seperti RPP, buku paket, buku nilai, daftar hadir siswa dan laporan kegiatan pembelajaran.
            Akhirnya, pada jam 7 tepat bel masuk berbunyi dan saya langsung masuk kelas VIII G, kebetulan kelas VIII G kebagian jam 1 dan 2. Saya masuk kelas dan duduk sambil melihat situasi kelas yang masih ramai. Kemudian salah seorang siswa yaitu KM meminta pada rekan-rekannya untuk memberi salam , mereka semua mengucapkan salam “ ASSALAMUALLAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH  , lalu saya membalasnya dengan “ WAALLAIKUM SALAM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH “ kemudian KM meminta lagi untuk membaca doa bersama.
            Setelah selesai membaca doa, sekarang giliran saya menyapa mereka. Saya menyapa mereka dengan mengucapkan “ GOOD MORNING  EVERYBODY “, mereka merespon dengan “ GOOD MORNING SIR “. Lalu saya bertanya HOW ARE YOU MY STUDENTS” mereka merespon dengan “ WE ARE FINE THANK YOU SIR ” “ AND YOU “? mereka bertanya lalu saya menjawab dengan “ I’M FINE TOO “. Kemudian saya bertanya “ WHO IS ABSENT TODAY “ mereka menjawab “ REYHAN SIR “. Lalu “ WHAT IS THE MATTER WITH HIM “, mereka menjawab  HE’S SICK SIR “.  “ HOW MANY DAYS HE DOESN’T COME TO SCHOOL “. “ ONLY TODAY SIR “ . Akhirnya saya menjawab Thank for your information.
            Kemudian saya bertanya kepada salah seorang siswa, dengan pertanyaan yang ada hubungannya dengan materi yang akan disampaikan pada hari itu. Yaitu tentang recount text. Ok you Vidi, “ What did you do last night after isya’s prayer? “. Dia menjawab dengan  I watch TV sir “. Kemudian saya bertanya lagi “ What time did you go to sleep last night? “ Dia menjawab dengan “ I go to sleep at 09.00 o’clock sir “ . Lalu saya bertanya kepada siswa yang lain. Ok shelly your turn. “ What did you do last night after isya’s prayer? “ Dia menjawab  I am doing homework sir “. Akhirnya disini saya menemukan suatu masalah yaitu, mereka semuanya mengerti apa yang ditanyakan tetapi mereka tidak tahu bahwa grammar mereka itu salah. Tapi memang dalam menjawab mereka betul dan nyambung, tapi dilihat dari sisi grammar tidak betul. Akhirnya saya mencoba menjelaskan sepintas tentang grammar karena ada hubungannya dengan materi yang akan diajarkan, yang tentu saja  bahwa recount text harus menggunakan simple past , karena recount  text ada hubungannya dengan waktu lampau.
            Akhirnya saya menjelaskan sepintas tentang simple past tense dan langsung menerangkan tentang Characteristics of Recount Text. Kemudian saya menjelasakan bahwa apa yang dimaksud dengan Recount text, Orientation, complication or event and reorientation.  Lalu saya menjelaskan bahwa Recount  text is a text that telling the reader about one story, action, or activity. And its goal is to entertaining or informing the reader.  Orientation tells who was involved, what happened, where the events took place, and when it happened. Kemudian events tells what happened and in what sequence. Reorientation consist of optional-closure of events/ending. Kemudian setelah itu saya memberikan sebuah contoh tentang recount text yaitu sebuah pengalaman pribadi. Akhirnya saya meminta semua siswa untuk membuat sebuah recount text tentang pengalaman pribadi, dan yang sudah harap dikumpulkan.
            Kemudian ada seorang siswa yang sudah membuat dan text itu dikumpulkan akhirna saya mencoba mengoreksi isi dari recount text itu dan tentang apa isinya. Isinya adalah tentang pengalaman pribadi dia waktu liburan ke Dufan 2 bulan yang lalu bersama keluarganya. Isinya sangat menarik untuk dibaca tapi disini saya menemukan masalah yaitu masalah grammar tepatnya tentang penggunaan verb 2 yang masih amburadul. Tapi ini sudah menunjukan kea rah yang baik karena mereka bisa membuat recount text tentang pengalaman pribadi. Akhirnya banyak siswa yang mengumpulkan dan saya mencoba memeriksa secara sepintas apa kesalahannya yaitu hamper sama tentang masalah penggunaan simple past tense. Mungkin disini vocabulary mereka masih rendah. Akhirnya di penghujung waktu mengajar yang tinggal 10 menit lagi saya mencoba menjelaskan kembali dan memberi kesimpulan bahwa apabila kalian mau membuat recount text harus menggunakan verb 2.
            Akhirnya bel habis pelajaran berbunyi, lalu saya menutup pelajaran dengan salam dan SEE YOU NEXT WEEK. Dalam hati saya bertanya mereka dalam membuat text sudah bisa tapi dalam grammar masih amburadul.
                         

Tidak ada komentar:

Posting Komentar