Minggu, 13 Maret 2011

Penelitian Tindakan Kelas - Bahasa Inggris


RESUME PENELITIAN TINDAKAN KELAS ( PTK )

Judul:
Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa dalam Membaca Teks Narrative Melalui Pemanfaatan Media Audio Visual (Pada Siswa Kelas IXD SMPN 4 Kuningan)


BAB 1: PENDAHULUAN
A.        Latar Belakang
-          Kurangnya  minat siswa dalam membaca
-          Kurangnya pemahaman konsep dalam teks naratif
-          Data: Hanya 20% siswa yang mencapai KKM
-          Prestasi belajar siswa dalam membaca rendah
-          Peneliti belum memanfaatkan alat peraga

B.        Rumusan Masalah
Apakah melalui media audio visual dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam membaca teks naratif pada siswa kelas IXD SMPN 4 Kuningan?

C.        Tujuan Penelitian
-       Untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam membaca teks naratif
-       Untuk meningkatkan prestasi  belajar siswa dalam membaca teks naratif melalui pemanfaatan media audio visual

D.        Manfaat Penelitian
1.       Bagi siswa
a.       Meningkatnya pemahaman siswa dalam membaca teks naratif
b.      Meningkatnya prestasi belajar siswa
2.       Bagi peneliti/guru
a.       Meningkatnya kreatifitas guru dalam pemanfaatan alat peraga
3.       Bagi sekolah
Meningkatnya sumber daya guru yang mampu memanfaatkan media pembelajaran/ alat peraga di lingkungan sekolah tsb

E.         Definisi Operasional
-       Pentingnya Membaca
-        Teks Naratif
-        Media audio visual

BAB 2: KAJIAN PUSTAKA
Isi atau sub-bab-sub bab disesuaikan dengan tema penelitian
A.        Penguasaan Konsep
Pentingngnya Membaca

B.        Teks Naratif
-       Definisi Naratif
-       Jenis Naratif

C.        Media Audio Visual
-       Definisi Media Audio Visual
-       Fungsi dan Manfaat Media Audio Visual
                                                                              

BAB 3: METODE PENELITIAN / PELAKSANAAN PENELITIAN
A.        Subjek Penelitian
Siswa kelas IXD SMP Negeri 4 Kuningan

B.        Lokasi Penelitian dan Jadwal Pelaksanaan
Lokasi Penelitian: 
-       Ruang kelas IXD SMPN 4 Kuningan
-       Ruang Multimedia SMPN 4 Kuningan
Jadwal Penelitian: Bulan Februari 2010

C.        Data dan Sumber Data
-       Hasil diskusi kelompok
-       Hasil evaluasi individu

D.        Instrumen Penelitian
-        Pertanyaan tertulis
-        Presentasi hasil diskusi kelompok
-        Lembar observasi
-        Quesioner

E.         Tekhnik Analisis Data
-        Data hasil presentasi kelompok
-        Data hasil evaluasi secara individual
                                                                          
F.         Tahap-tahap Penelitian (Siklus I, Siklus II (dilakukan sesuai dengan hasil refleksi Siklus I))
Siklus I
-        Pretest
-        Penjelasan tentang teks naratif
-        Pembentukan kelompok
-        Pemutaran film teks narrative “Mousedeer and crocodile”
-        Setiap kelompok memperoleh lembar pertanyaan
-        Setiap kelompok mendiskusikan pertanyaan
-        Setiap kelompok mendiskusikan pertanyaan
-        Presentasi masing-masing kelompok
-        Evaluasi individual/post test
        
         Siklus II
-        Pre test
-        Pemutaran film narrative “Mousedeer and Snail”
-        Diskusi kelompok
-        Presentasi kelompok
-        Evaluasi individual/post test

G.       Perkiraan Biaya Penelitian (jika digunakan untuk mengusulkan dana ke sponsor)
         -

H.       Personalia Penelitian          
No
Nama
Jabatan
Kedudukan
1.


2.


3.
Yanti Rahmayanti, S.Pd


Dedi Tarmedi, S.Pd


Nining Kurniah, S.Pd

Guru B. Inggris, kelas IX, SMPN 4 Kuningan

Guru Fisika, kelas IX, SMPN 4 Kuningan

Guru B. Inggris, kelas VII, SMPN 4 Kuningan
Ketua


Anggota


Anggota


Daftar Rujukan
Agustinus Suyoto, S.Pd. 2008. Unsur-Unsur Intrinsik Prosa Cerita. Yogyakarta: Lembar Komunikasi Bahasa dan Satra Indonesia.
Burhanudin, S.Pd. 2008. Pembelajaran Teks Naratif. Sul Sel.
Prof. Dr. Sri Anitah W. 2008. Metode pembelajaran.

Lampiran-lampiran
-          RPP
-          Bahan Ajar
-          Lembar Tes (individu & Kelompok)
-          Format KBM
-          Format Pengamatan Siswa
-          Lembar Quesioner





Tidak ada komentar:

Posting Komentar